Contoh RPP dengan Model Pembelajaran Course Review Horay
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata
Pelajaran
: Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester
: IV / 1
Alokasi
Waktu
: 2 x 35 menit
- Standar Kompetensi
Memahami hubungan
antara ciri-ciri makhluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya
- Kompetensi Dasar
Mendiskripsikan
ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan dan menjelasakan fungsinya (kelelawar,
cecak, bunglon)
- Indikator
1.
Menyebutkan ciri-ciri khusus yang dimiliki
hewan tertentu
2.
Menjelaskan fungsi ciri khusus yang dimiliki
hewan tertentu
- Tujuan Pembelajaran:
1.
Siswa dapat mengetahui ciri-ciri khusus yang
dimiliki hewan (kelelawar, cecak, bunglon)
2.
Siswa dapat mendefinisikan fungsi dari
ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan (kelelawar, cecak, bunglon)
3.
Siswa dapat memahami ciri-ciri khusus yang
dimiliki hewan dan fungsinya
- Materi Pelajaran (Materi Pokok)
Ciri-ciri khusus
makhluk hidup dan lingkungan hidupnya (ciri khusus pada hewan)
- Model Pembelajaran
Course Review Horay
- Metode Pembelajaran
a.
Ceramah
b.
Demonstrasi
c.
Tanya Jawab
d.
Kelompok
- Langkah-Langkah Kegiatan
1. Kegiatan Awal
a.
Mengucapkan salam
b.
Mengkondisikan kelas
c.
Berdo’a
d.
Absensi
e.
Siswa memperhatikan penjelasan guru mengenai
indikator yang akan dicapai dalam kegiatan pembelajaran
f.
Siswa mempersiapkan materi atau bahan ajar
g.
Siswa memperhatikan apersepsi guru
3. Kegiatan Inti
a.
Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari
b.
Guru memperlihatkan gambar hewan kelelawar,
cecak, dan bunglon
c.
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk
tanya jawab
d.
Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok,
untuk mengetahui pemahaman, siswa disuruh membuat 9 kotak diisi angka sesuai
dengan selera masing-masing
e.
Guru membaca soal secara acak dan siswa
masing-masing kelompok menulis jawaban di dalam kotak yang nomornya disebutkan
guru dan langsung didiskuskan, kalau benar diisi tanda benar (v) dan salah
diisi tanda silang (x)
f.
Siswa yang sudah mendapat tanda benar (v),
harus berteriak horay atau yel-yel lainnya
g.
Kemudian guru dan siswa bersama-sama
menghitung dari jawaban benar jumlah horay yang diperoleh.
h.
Kelompok yang paling banyak meneriakkan horay
maka kelompok tersebut yang menjadi pemenang.
4. Kegiatan Akhir
a.
Guru memberikan pemantapan tentang materi yang
telah dipelajari
b.
Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan
pembelajaran
- Media Pembelajaran
a.
Gambar-gambar hewan
b.
Buku kajian siswa
- Sumber Belajar
Buku IPA (Jendela
Sains Lingkungan Dan Alam Sekitar), Kelas 6
Penulis oleh Sri
Harmi, penerbit oleh Tiga Serangkai Pustaka Mandiri
- Penilaian
- Teknik : Tes Tertulis
- Bentuk Instrumen : Tes Uraian
- Penilaian : - Soal
-
Kunci jawaban
Soal :
1.
Jelaskan bagaimana cecak menagkap mangsanya ?
2.
Mengapa cecak dapat berjalan di tempat yang
licin tanpa terpeleset ?
3.
Jelaskan bagaimana kelelawar memproleh makanan
?
4.
Sebutkan ciri-ciri dari kelelawar ?
5.
Bagaimana cara cecak mempertahankan dirinya
dari musuh ?
6.
Bagaimana cara bunglon mempertahankan dirinya
dari musuh ?
7.
Sebutkan ciri-ciri bunglon dan fungsinya ?
8.
Sebutkan jenis-jenis cecak ?
9.
Kenapa mata bunglon disebut mata khusus ?
1.
Kunci Jawaban :
1.
Cecak menangkap mangsanya dengan cara merayap
di tempat yang terang dan menggunakan lidahnya yang panjang dan lengket untuk
menangkap mangsanya.
2.
Karena di bawah jari-jari kaki cecak terdapat
lapisan pelekat yang memungkinkan dapat berjalan di tembok, pohon dan di tempat
licin tanpa jatuh.
3.
Kelelawar menangkap mangsanya dengan cara
mengeluarkan bunyi frekuensi tinggi dan menggunakan bunyi pantul untuk
membantunya terbang di kegelapan dan untuk menangkap makanannya.
4.
Ciri-ciri kelelawar :
1)
Mempunyai 4
jari yang panjang
2)
Ibu jarinya
pendek dan berkait
3)
Jari kakinya
besar
4)
Bercakar
panjang dan melengkung
5.
Cara cecak mempertahankan dirinya yaitu
menanggalkan atau memotong ekornya untuk menghindari musuh.
6.
Cara bunglon mempertahankan dirinya yaitu
mengubah warna kulitnya sesuai dengan warna sekitarnya.
7.
Ciri-ciri bunglon dan fungsinya :
a.
Ekor fungsinya untuk memegang mangsa
b.
Jari-jari kaki fungsinya berpegang pada
ranting dan menjaga keseimbangan
c.
Lidah fungsinya untuk menangkap mangsa
d.
Mata khusus fungsinya untuk melihat dua arah
8.
Jenis-jenis cecak :
1)
Cecak pohon
2)
Cecak raksasa atau tokek
Tidak ada komentar:
Posting Komentar