Minggu, 16 Desember 2012

rpp dengan model Course Review Horay


Contoh RPP dengan Model Pembelajaran Course Review Horay

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran              : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester              : IV / 1
Alokasi Waktu              : 2 x 35 menit



  1. Standar Kompetensi
Memahami hubungan antara ciri-ciri makhluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya

  1. Kompetensi Dasar
Mendiskripsikan ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan dan menjelasakan fungsinya (kelelawar, cecak, bunglon)

  1. Indikator
1.      Menyebutkan ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan tertentu
2.      Menjelaskan fungsi ciri khusus yang dimiliki hewan tertentu

  1. Tujuan Pembelajaran:
1.      Siswa dapat mengetahui ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan (kelelawar, cecak, bunglon)
2.      Siswa dapat mendefinisikan fungsi dari ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan (kelelawar, cecak, bunglon)
3.      Siswa dapat memahami ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan dan fungsinya

  1. Materi Pelajaran (Materi Pokok)
Ciri-ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan hidupnya (ciri khusus pada hewan)

  1. Model Pembelajaran
Course Review Horay

  1. Metode Pembelajaran
a.       Ceramah
b.      Demonstrasi
c.       Tanya Jawab
d.      Kelompok

  1. Langkah-Langkah Kegiatan
1. Kegiatan Awal
a.       Mengucapkan salam
b.      Mengkondisikan kelas
c.       Berdo’a
d.      Absensi
e.       Siswa memperhatikan penjelasan guru mengenai indikator yang akan dicapai dalam kegiatan pembelajaran
f.       Siswa mempersiapkan materi atau bahan ajar
g.      Siswa memperhatikan apersepsi guru
3. Kegiatan Inti
a.       Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari
b.      Guru memperlihatkan gambar hewan kelelawar, cecak, dan bunglon
c.       Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk tanya jawab
d.      Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok, untuk mengetahui pemahaman, siswa disuruh membuat 9 kotak diisi angka sesuai dengan selera masing-masing
e.       Guru membaca soal secara acak dan siswa masing-masing kelompok menulis jawaban di dalam kotak yang nomornya disebutkan guru dan langsung didiskuskan, kalau benar diisi tanda benar (v) dan salah diisi tanda silang (x)
f.       Siswa yang sudah mendapat tanda benar (v), harus berteriak horay atau yel-yel lainnya
g.      Kemudian guru dan siswa bersama-sama menghitung dari jawaban benar jumlah horay yang diperoleh.
h.      Kelompok yang paling banyak meneriakkan horay maka kelompok tersebut yang menjadi pemenang. 
4. Kegiatan Akhir
a.       Guru memberikan pemantapan tentang materi yang telah dipelajari
b.      Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan pembelajaran

  1. Media Pembelajaran
a.       Gambar-gambar hewan
b.      Buku kajian siswa

  1. Sumber Belajar
Buku IPA (Jendela Sains Lingkungan Dan Alam Sekitar), Kelas 6
Penulis oleh Sri Harmi, penerbit oleh Tiga Serangkai Pustaka Mandiri

  1. Penilaian
  1. Teknik                         : Tes Tertulis
  2. Bentuk Instrumen       : Tes Uraian
  3. Penilaian                      : - Soal
                                                   - Kunci jawaban
                                     
Soal :
1.      Jelaskan bagaimana cecak menagkap mangsanya ?
2.      Mengapa cecak dapat berjalan di tempat yang licin tanpa terpeleset ?
3.      Jelaskan bagaimana kelelawar memproleh makanan ?
4.      Sebutkan ciri-ciri dari kelelawar ?
5.      Bagaimana cara cecak mempertahankan dirinya dari musuh ?
6.      Bagaimana cara bunglon mempertahankan dirinya dari musuh ?
7.      Sebutkan ciri-ciri bunglon dan fungsinya ?
8.      Sebutkan jenis-jenis cecak ?
9.      Kenapa mata bunglon disebut mata khusus ?


1.      Kunci Jawaban :
1.      Cecak menangkap mangsanya dengan cara merayap di tempat yang terang dan menggunakan lidahnya yang panjang dan lengket untuk menangkap mangsanya.
2.      Karena di bawah jari-jari kaki cecak terdapat lapisan pelekat yang memungkinkan dapat berjalan di tembok, pohon dan di tempat licin tanpa jatuh.
3.      Kelelawar menangkap mangsanya dengan cara mengeluarkan bunyi frekuensi tinggi dan menggunakan bunyi pantul untuk membantunya terbang di kegelapan dan untuk menangkap makanannya.
4.      Ciri-ciri kelelawar :
1)                  Mempunyai 4 jari yang panjang
2)                  Ibu jarinya pendek dan berkait
3)                  Jari kakinya besar
4)                  Bercakar panjang dan melengkung
5.      Cara cecak mempertahankan dirinya yaitu menanggalkan atau memotong ekornya untuk menghindari musuh.
6.      Cara bunglon mempertahankan dirinya yaitu mengubah warna kulitnya sesuai dengan warna sekitarnya.
7.       Ciri-ciri bunglon dan fungsinya :
a.       Ekor fungsinya untuk memegang mangsa
b.      Jari-jari kaki fungsinya berpegang pada ranting dan menjaga keseimbangan
c.       Lidah fungsinya untuk menangkap mangsa
d.      Mata khusus fungsinya untuk melihat dua arah
8.      Jenis-jenis cecak :
1)            Cecak pohon
2)            Cecak raksasa atau tokek

Karena mata khusus bunglon itu menyebabkan bunglon mampu melihat dua arah yang berbeda dalam waktu bersamaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar